Makan Nanas di Trimester Kedua


Amankah makan nanas saat hamil? 

Saat hamil, Anda mungkin takut makan pepaya atau nanas, karena keduanya dianggap bisa menyebabkan keguguran, apakah benar demikian? Amankah makan nanas saat hamil? Dapatkan faktanya dan ayo! 

Memasukkan nanas sebagai salah satu buah dalam diet harian Anda sebenarnya aman. Mengkonsumsi satu atau dua nanas seminggu aman dan bahkan mungkin memiliki efek positif pada kesehatan ibu dan janin.

Nanas bersifat diuretik, yang mengurangi kelebihan cairan dan mencegah kembung yang umum terjadi selama kehamilan. Selain itu, aroma dan rasa buah nanas yang unik dipercaya dapat meningkatkan mood, mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran.

  • Berapa Banyak Nanas yang Boleh Dimakan Ibu Hamil 

Meski nanas memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya tidak dimakan saat kandungan masih dalam tahap awal kehamilan. 


Selama trimester ketiga kehamilan, nanas bisa dikonsumsi dalam jumlah sedikit, sekitar 50-100 gram, dua kali seminggu. Sebaliknya, pada trimester ketiga, Anda bisa mengonsumsi 250 gram nanas per minggu. 

 

  • Apa risiko overdosis nanas? 

Jangan makan nanas jika Anda memiliki sistem pencernaan yang sensitif atau lemah. Asam dalam buah ini dapat menyebabkan mulas. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi nanas dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Nanas juga dapat menyebabkan muntah, ruam, bahkan kontraksi pada trimester pertama. 

Namun ibu yang kandungannya masih dalam tahap awal kehamilan disarankan untuk tidak makan nanas.Ingin mendengar pengalaman ibu lainnya tentang gizi dan masalah kehamilan lainnya? Moms bisa berbagi dengan Moms lainnya!


Ternyata ibu hamil boleh makan nanas asalkan jumlahnya memenuhi anjuran. 


Tertarik untuk mengetahui pengalaman ibu-ibu lain tentang gizi dan aspek kehamilan lainnya? Pastikan untuk menggunakan fitur forum dari aplikasi Sahabat Hamil. Moms bisa berbagi dengan Moms lainnya! 

Ada manfaat nutrisi untuk makan nanas selama kehamilan.Ibu hamil yang ingin makan nanas tetap disarankan oleh ibunya untuk makan nanas segar. 

Hindari konsumsi nanas dalam bentuk jus atau minuman kaleng karena enzim bromelain yang terkandung dalam nanas rusak. Enzim bromelain bersifat proteolitik dan dapat memecah protein dalam tubuh. Enzim ini juga dapat menginduksi persalinan, yang dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. 

 

Buah apa yang harus dihindari ibu hamil? 


Daftar buah terlarang untuk ibu hamil 

  • Anggur mengacaukan hormon. ... 
  • nanas, penyebab keguguran yang berbahaya. ... semangka dapat menyebabkan diabetes gestasional. ...
  • pisang, tidak dianjurkan untuk ibu hamil penderita diabetes. ... 
  •  durian dan alkohol. ...
  • pepaya mengandung getah yang dapat menyebabkan penyusutan.

Penyebab Rahim Lemah dan Sering Keguguran


 

Ketika rahim ibu hamil lemah dan sering mengeluarkan darah, tentu timbul pertanyaan besar: Apa penyebabnya? 
Menjalani operasi serviks Bentuk serviks atau rahim yang tidak benar akibat cacat lahir Trauma serviks akibat kuret atau keguguran Pemberian hormon estrogen buatan (dietilstilbestrol) 
 
Rahim lemah Hal ini karena sering tidak dikenali di awal kehamilan. Padahal, kondisi rahim ini mungkin baru akan diketahui hingga terjadi keguguran pada trimester kedua dan ketiga. Setidaknya 25% keguguran pada tahap kehamilan ini terjadi karena rahim rapuh atau lemah. 

Untuk alasan ini, disarankan agar wanita dengan beberapa faktor risiko  di atas berhati-hati dan menjalani pemeriksaan lengkap pra-kehamilan. Seorang dokter kandungan dapat membuat diagnosis dengan USG atau pemeriksaan panggul. 
 

Ciri-Ciri Kandungan Lemah 

Kandungan lemah tidak mudah dikenali. Kecuali Jika dokter kandungan Anda yakin Anda  mengalami kondisi ini, biasanya Anda disarankan untuk minum obat pencegahan  sebelum konsepsi. 

Selain itu, ibu hamil dengan rahim lemah disarankan untuk lebih sering melakukan USG untuk memastikan kehamilan. Beberapa gejala kelemahan rahim biasanya tidak muncul hingga trimester kedua, saat usia kehamilan mencapai 1
hingga 20 minggu. 
 
Beberapa tanda rahim lemah adalah: 

  • Sesak di daerah panggul 
  • Sesak Nyeri punggung yang tidak dirasakan sebelumnya Keram perut 
  • Perubahan cairan di vagina 
  •  Perndarahan ringan

 
Cara memperkuat rahim yang lemah 

Salah satu cara mengatasi rahim yang lemah adalah dengan menggunakan pengikat leher rahim agar lebih tertutup dan rapat. Prosedur ini disebut cerclage dan dilakukan antara 1
dan 16 minggu kehamilan. 

 Pada minggu ke-36 sampai ke-38 kehamilan, belenggu ini dilepaskan agar persalinan dapat dilakukan dengan aman. tolong jangan khawatir. Persalinan tidak diinduksi segera setelah serviks dibuka. 

 Meskipun demikian, wanita hamil dengan iritasi  serviks, dilatasi 4 cm atau lebih, atau ketuban pecah dini tidak dapat menjalani ligasi serviks. Pada prinsipnya, obat penambah kandungan boleh diminum, tetapi hanya atas anjuran dokter. 

Obat penambah kandungan ini biasanya  diresepkan hanya untuk  ibu hamil yang mengalami keguguran berulang yaitu 3 atau lebih keguguran berturut-turut. 

Wanita hamil yang telah berhasil melahirkan  meski dalam kondisi ini harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk hamil lagi. 

Bukan berarti dilarang, tapi bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk memahami semua risiko yang tidak bisa dicegah. Tapi setidaknya ada cara untuk memprediksi yang terburuk. Tentu saja, tujuannya adalah agar  aman dan sehat sejak pembuahan hingga melahirkan. 
 

Ada beberapa cara untuk merawat rahim yang lemah: 


1. Konsultasi kebidanan secara teratur 
 
Wanita dengan kesuburan lemah membutuhkan konsultasi kebidanan secara teratur lebih sering daripada wanita hamil dengan kehamilan normal. Jangan ragu untuk memberi tahu dokter kandungan Anda tentang gejala yang paling sepele sekalipun.


2. Makan makanan bergizi 

 Selama hamil, kebutuhan gizi ibu berlipat ganda. Kebutuhan nutrisi penting seperti kalsium, zat besi dan asam folat juga harus diutamakan, terutama bagi yang kandungannya rendah.

Suplemen makanan ini juga dapat Anda konsumsi jika berencana untuk hamil. Tujuannya untuk memastikan tubuh benar-benar siap menghadapi kehamilan. 


3. Mengontrol Kenaikan Berat Badan 

Kehamilan dan menyusui adalah masa yang paling sulit untuk mengontrol kenaikan berat badan. Padahal, mencegah kenaikan berat badan berlebih bisa membantu kesehatan bayi Anda juga. Jika berat badan Anda sebelum hamil ideal, kenaikan berat badan yang disarankan adalah sekitar 25-30 kilogram. 

 
 4. Hindari Zat Berbahaya 

 Hindari zat berbahaya seperti tembakau dan alkohol. Tidak hanya itu, tetapi bicarakan dengan dokter kandungan Anda tentang semua suplemen yang Anda konsumsi untuk menilai keamanannya.

Sumber;
https://www.sehatq.com/artikel/memahami-kandungan-lemah-pemicu-keguguran-hingga-kelahiran-prematur

Gambar";

https://www.istockphoto.com/id/search/2/image?phrase=Kandungan
  • Makan Nanas di Trimester Kedua
  • Berapa Banyak Nanas yang Boleh Dimakan Ibu Hamil 


Post a Comment

Previous Post Next Post