Makanan Sehat dan Lezat untuk Anak-anak: Beragam Olahan Udang yang Wajib Dicoba

 
Makanan Sehat dan Lezat untuk Anak-anak: Beragam Olahan Udang yang Wajib Dicoba

Olahan Udang untuk Anak

Udang adalah salah satu jenis seafood yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, udang juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bagi orang tua yang ingin memberikan makanan bergizi untuk anak-anaknya, olahan udang bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa ide olahan udang untuk anak-anak:


1. Udang Goreng Tepung

Makanan Sehat dan Lezat untuk Anak-anak: Beragam Olahan Udang yang Wajib Dicoba

Udang goreng tepung merupakan olahan udang yang mudah dibuat dan disukai banyak orang, termasuk anak-anak. 

Cara membuatnya cukup dengan mengocok telur, kemudian menggoreng udang yang telah dibalut dengan tepung hingga matang dan keemasan. Sajikan udang goreng tepung dengan saus sambal atau saus tomato sebagai pelengkapnya.


2 .Udang Bakar

Makanan Sehat dan Lezat untuk Anak-anak: Beragam Olahan Udang yang Wajib Dicoba

Udang bakar merupakan olahan udang yang sehat dan lezat. Anda bisa membakar udang dengan menggunakan tusuk sate atau menggunakan panggangan listrik. Bumbui udang dengan bahan-bahan seperti garam, lada, dan bahan-bahan lain sesuai selera. Sajikan udang bakar bersama dengan sayuran segar seperti brokoli, wortel, dan lainnya untuk memberikan asupan nutrisi yang lebih lengkap.


3. Udang Rebus

Udang rebus merupakan olahan udang yang mudah dibuat dan disukai banyak anak. Cara membuatnya cukup dengan merebus udang dalam air mendidih bersama dengan bahan-bahan seperti garam, lada, dan seledri. Sajikan udang rebus bersama dengan nasi putih atau mie untuk menambah kenikmatan makannya.


4. Udang Geprek

Udang geprek merupakan olahan udang yang disukai banyak anak karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih. Cara membuatnya cukup dengan mengeprek udang hingga lembut, kemudian menumisnya dengan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan saus sambal. Sajikan udang geprek bersama dengan nasi putih atau mie untuk menambah kenikmatan makannya.


5. Udang Balado

Udang balado merupakan olahan udang yang khas dari Sumatra Barat.

membuatnya adalah dengan menumis udang bersama dengan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit hingga matang. Kemudian tambahkan saus tomat dan gula merah sesuai selera untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan pedas. Sajikan udang balado bersama dengan nasi putih atau mie untuk menambah kenikmatan makannya.

Cara Membuat Cumi Cabe Ijo

Itulah beberapa ide olahan udang untuk anak-anak. Selain enak, olahan udang juga kaya akan nutrisi seperti protein, lemak sehat, dan vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, jangan ragu untuk mencoba beberapa olahan udang di atas untuk menambah variasi makanan sehat yang diberikan kepada anak-anak Anda.

Selain beberapa olahan udang yang telah disebutkan di atas, ada beberapa ide olahan udang lainnya yang bisa Anda coba untuk anak-anak. Berikut ini beberapa ide tersebut:


6. Udang Kriuk

Udang kriuk adalah olahan udang yang disajikan dengan tepung kriuk-kriuk seperti tepung keripik. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng udang yang telah dibalut dengan tepung hingga keemasan. Sajikan udang kriuk bersama dengan saus sambal atau saus tomato sebagai pelengkapnya.


7. Udang Kepiting

Udang kepiting merupakan olahan udang yang disajikan bersama dengan kepiting atau cumi-cumi. 

Cara membuatnya adalah dengan menumis udang dan kepiting bersama dengan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan saus tomat hingga matang. Sajikan udang kepiting bersama dengan nasi putih atau mie untuk menambah kenikmatan makannya.


8. Udang Telur Asin

Udang telur asin merupakan olahan udang yang disajikan bersama dengan telur asin. 

Cara membuatnya adalah dengan menumis udang bersama dengan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan saus tomat hingga matang. Kemudian tambahkan telur asin yang sudah diiris-iris dan aduk hingga tercampur rata. Sajikan udang telur asin bersama dengan nasi putih atau mie untuk menambah kenikmatan makannya.


9. Udang Panggang

Udang panggang merupakan olahan udang yang disajikan dengan cara dipanggang. 

Cara membuatnya adalah dengan menaburi udang dengan bahan-bahan seperti garam, lada, dan bahan-bahan lain sesuai selera. 

Kemudian panggang udang hingga matang dan keemasan. Sajikan udang panggang bersama dengan sayuran segar seperti brokoli, wortel, dan lainnya untuk memberikan asupan nutrisi yang lebih lengkap.

Itulah beberapa ide olahan udang lainnya yang bisa Anda coba untuk anak-anak. Semoga ide-ide tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam menyajikan makanan sehat dan lezat untuk anak-anak.


Sumber : Lotte

Post a Comment

Previous Post Next Post