Manfaat Susu Kambing Untuk Asam Urat


Banyak orang yang menduga bahwa susu dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh kembali. Apakah itu benar? Lihat penjelasan lengkapnya di sini. 


  • Gout, atau asam urat, adalah suatu kondisi di mana kristal asam urat menumpuk di persendian dan jaringan. 
  • Sebelum kristal asam urat ini terbentuk biasanya didahului oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Kondisi ini disebut hiperurisemia. 
  • Keadaan hiperurisemia ini hampir tidak mungkin terdeteksi tanpa pemantauan rutin kadar asam urat. 


Oleh karena itu, tidak mengherankan jika hanya sepertiga dari penderita asam urat yang mengetahui dirinya mengidap penyakit tersebut. Biasanya mereka yang sering melakukan pemeriksaan laboratorium sadar sejak dini. 

Jika seseorang menderita asam urat, penting untuk membatasi atau mengurangi makan makanan tertentu untuk mencegah penyakit tersebut kambuh. Bolehkah penderita asam urat mengkonsumsi susu? Berikut penjelasannya untuk Anda. 


  • Apakah penderita asam urat boleh minum susu? 

Jika Anda menderita hiperurisemia atau bahkan asam urat, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang kaya purin. Mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi purin meningkatkan kadar asam urat. 

Beberapa makanan kaya purin adalah daging lainnya, kerang, udang dan daging mentah. Sedangkan untuk minuman, penderita asam urat harus berhati-hati dengan susu. 

Susu sapi dan susu yang berasal dari kacang-kacangan, seperti susu kedelai, juga mengandung purin. Susu sapi rendah purin, sedangkan susu kedelai memiliki purin dalam jumlah sedang. 


  • Apakah ini berarti susu kedelai tidak baik untuk penderita asam urat? 

Dalam studi tahun 1991 di The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa kadar asam urat darah menurun 3 jam setelah mengkonsumsi susu protein hewani, tetapi meningkat setelah mengkonsumsi susu dengan protein kedelai. 

Studi ini mengatakan bahwa susu kedelai dapat meningkatkan risiko kekambuhan asam urat. Terutama pada orang yang pernah mengalami penyakit ini. 


  • Menurut sebuah meta-analisis (gabungan dari beberapa penelitian) yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2018, konsumsi produk susu dan makanan yang mengandung kedelai justru menurunkan risiko asam urat. 
  • Sebuah meta-analisis membahas bahwa ekskresi asam urat meningkat setelah konsumsi susu. 


Kandungan purin susu yang rendah dan efek uricosuric kasein, protein susu dan kalsium dalam susu dapat menyebabkan penurunan konsentrasi asam urat. 

Para peneliti juga menjelaskan bahwa bahan lain juga terlibat dalam pembentukan asam urat. Oleh karena itu, kandungan purin pada makanan atau minuman tidak hanya mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. 


  • Tips minum susu untuk penderita asam urat 

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu - baik susu sapi maupun yang berbahan dasar kedelai - tidak meningkatkan risiko asam urat, namun lebih baik menggunakannya dalam batas yang wajar. 

  • Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan efek samping lainnya. 

Anda dapat memilih susu rendah lemak atau rendah lemak untuk penderita asam urat. Cek juga kandungan lain dalam produk susu tersebut, seperti gula dan sodium. 

Demikian penjelasan tentang konsumsi susu oleh penderita asam urat. Meski susu tidak meningkatkan risiko asam urat, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. 

  • Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit asam urat atau gangguan kesehatan lainnya

Manfaat Susu Kambing Untuk Asam Urat


Aktivitas fisik menginduksi produksi asam urat pada manusia dan hewan lainnya.

Mengkonsumsi susu kambing mengurangi keasaman ini karena mengandung lebih sedikit purin dibandingkan susu sapi.

  • Selain itu, susu kambing memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, yang menyebabkan lebih sedikit masalah bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa.

Oleh karena itu, masuk akal jika susu kambing cocok untuk orang dengan kadar asam urat ringan hingga berat dalam darahnya.

  • Susu kambing mengandung sekitar 4 gram protein per liter, yang jauh lebih tinggi daripada susu sapi.

Kandungan protein yang lebih tinggi ini memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan rambut, kulit, dan kuku.

  • Orang yang memiliki kadar asam urat sangat tinggi mungkin menemukan bahwa rambut mereka menjadi lebih tebal dan lebih gelap setelah mengkonsumsi susu kambing.

Selain itu, penderita asam urat mungkin menemukan bahwa mereka tidak lagi mengalami serangan nyeri setelah mengganti susu sapi dengan susu kambing.

  • Susu kambing juga bermanfaat bagi penderita radang sendi, karena mengandung asam arakidonat - asam lemak yang ditemukan dalam daging hewan - yang meningkatkan produksi prostaglandin dalam tubuh.

Peningkatan produksi prostaglandin dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian dan meningkatkan kesehatan kulit.


Susu kambing adalah minuman yang efektif untuk orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darahnya.

Banyak nutrisinya dapat mengurangi peradangan, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan kesehatan fisik.

Oleh karena itu, orang yang tinggal di daerah dengan tingkat asam urat tinggi harus mempertimbangkan untuk menambahkan susu kambing ke dalam makanan mereka untuk mengurangi risiko penyakit ini.


Asam urat adalah produk alami dari metabolisme pada manusia dan hewan lainnya.


  • Ini adalah produk limbah tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

Beberapa negara memiliki undang-undang yang ketat untuk membatasi asupan makanan yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

  • Susu kambing memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat darah.

Memahami cara menggunakan susu kambing untuk tujuan ini bermanfaat bagi kesehatan manusia dan hewan.


Penyakit ginjal adalah penyebab umum gangguan kencing pada manusia, menyebabkan peradangan dan kerusakan organ.

Asam urat adalah bahan kimia utama yang ditemukan dalam urin manusia, dan kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan gagal ginjal.

  • Saat penyakit ginjal diobati, kadar asam urat dalam darah cenderung menurun.

Namun, menurunkan kadar asam urat dapat membahayakan pasien jika kadar yang lebih rendah dicapai dengan menggunakan senyawa kimia berbahaya.

Susu kambing terbukti menurunkan kadar asam urat pada manusia bila digunakan sebagai suplemen; namun, sedikit penelitian ilmiah yang dilakukan mengenai susu kambing untuk asam urat.

Susu kambing mengandung bahan kimia yang disebut prolin yang menetralkan efek berbahaya dari asam urat dalam tubuh.


MANUSIA.

Saat dikonsumsi, prolin mengurangi produksi asam urat yang berlebihan di hati dan ginjal.

Selain itu, susu kambing mengandung vitamin A yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi dari radikal bebas penyebab tingginya kadar asam urat.

Oleh karena itu, tampaknya mengkonsumsi susu kambing mendorong kadar prolin dan vitamin A yang sehat yang membantu menurunkan kadar asam urat pada manusia.


Menurunkan kadar asam urat dapat mengurangi gejala penyakit ginjal bila digunakan bersamaan dengan pengobatan lain.

Namun, menggunakan senyawa kimia berbahaya untuk menurunkan asam urat terbukti tidak efektif dan berpotensi berbahaya dari waktu ke waktu.

Suplemen susu kambing tampaknya menjadi alternatif yang aman yang membantu mengobati penyakit ginjal sekaligus meningkatkan kesehatan.


PENYAKIT GINJAL DISEBABKAN OLEH KADAR ASAM URAT YANG BERLEBIHAN DALAM DARAH.

  • Asam urat diproduksi oleh tubuh saat protein dipecah.

Seiring waktu, penderita asam urat mungkin mengalami nyeri hebat dan pembengkakan pada persendiannya karena tingginya kadar asam urat ini.

Perawatan utama untuk penyakit ginjal yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi melibatkan penurunannya dengan bahan kimia yang menyerap asam urat dari tubuh.

  • Susu kambing terbukti memiliki khasiat yang membantu menurunkan kadar asam urat pada manusia dengan penyakit ginjal yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Dalam satu percobaan, dua puluh orang penderita asam urat diberi suplemen susu kambing setiap hari dan gejala asam urat mereka berkurang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima suplemen.


Sumber: 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/otot-sendi/asam-urat-bisa-kambuh-akibat-minum-susu

Sumber gambar:

https://www.istockphoto.com/id/search/2/image?phrase=Anak%20anak


#Tag Artikel

  • manfaat susu kambing untuk asam urat

  • Post a Comment

    Previous Post Next Post