Manfaat Vitamin C Untuk Anak


Si kecil memasuki usia 1 hingga 3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena masa ini jatuh pada 1000 hari pertama kehidupan anak atau yang dikenal dengan masa emas. 

Masa emas ini dapat menentukan perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya dan apa yang terjadi pada fase ini tidak dapat terulang kembali.


perkembangan kognitif

Pada masa emas terjadi perkembangan kognitif dan fisik anak yang pesat.Perkembangan kognitif Pada masa emas, dari masa kehamilan sampai usia tahun yaitu 2 tahun, merupakan masa kritis. 

Banyak pertumbuhan dan perkembangan terjadi selama fase ini, terutama perkembangan kognitif. Si kecil Anda lahir dengan sekitar 100 miliar sel otak, dan sel-sel otak ini terus berkembang sangat cepat di awal kehidupannya.

Dalam 1000 hari pertama kehidupan seorang anak, lebih dari 1 juta sambungan saraf baru terbentuk kedua baru terbentuk. 

Jalur sensorik seperti penglihatan dan pendengaran adalah yang pertama berkembang di otak. Kemudian berkembangnya kemampuan bahasa dan fungsi kognitif.


Faktor yang dapat mempengaruhi 


perkembangan kognitif antara lain faktor gairah dan faktor yang berhubungan dengan kecukupan pola makan. 

Perkembangan fisik Tidak hanya perkembangan kognitif, perkembangan fisik anak juga mengalami percepatan pada masa ini. 

Anda bisa membandingkan sendiri berapa sentimeter pertumbuhan si kecil sejak lahir hingga usia dua tahun. Ternyata kenaikan berat badan anak saat berusia 2 tahun bisa mencapai 75% dari ukuran lahirnya.

Seperti halnya perkembangan kognitif, faktor stimulasi dan nutrisi yang tepat merupakan dua faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. 


Perkembangan Fisik Faktor Penstimulasi 

Dikutip dari Hello Sehat, Setiap anak perlu distimulasi sesuai usianya agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Beberapa rangsangan yang bisa ibu berikan kepada si kecil seperti:

- Stimulasi kognitif 

  • Dikutip dari Early Childhood Australia, 

Stimulasi verbal dapat memengaruhi kemampuan kognitif anak.Stimulasi ini dapat dilakukan oleh ibu sambil mengajukan beberapa pertanyaan kepada si kecil untuk dipikirkan dan diberikan jawabannya. 

  • Stimulasi ini berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata anak Anda.

- Stimulasi motorik 

Yang tak kalah penting di usia emas adalah stimulasi motorik dan mobilitas Si Kecil. Salah satu caranya adalah mendorong anak Anda untuk aktif secara fisik, misal Bermain game atau berolahraga. 

Tidak hanya keterampilan motorik, aktivitas fisik juga dapat merangsang kemampuan kognitif anak secara bersamaan.


Faktor Gizi yang Memadai 

Semua rangsangan di atas mungkin tidak optimal jika tidak didukung oleh faktor gizi yang adekuat. Ibu dapat memberi makan anaknya dengan baik dengan memberikan pola makan yang bergizi dan seimbang. 

Sekarang mari kita simak 8 nutrisi yang dapat mendukung masa emas tumbuh kembang anak Anda : 

 

1. Minyak Ikan (Omega 3 dan Omega 6) 

Mendukung pertumbuhan sel saraf di otak dan Meningkatkan proses belajar dan kemampuan berpikir Anda . B. Mengembangkan kemampuan membaca, berbicara dan bersosialisasi. 

 

2 nd Zat Besi 

 Seperti yang dilaporkan Kids Health, zat besi memberi kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dalam darah, memungkinkannya membentuk sel darah baru. Selain itu, zat besi mendukung pertumbuhan otot pada anak-anak dan mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh untuk meningkatkan kemampuan dan kemampuan kognitif Anda. Karena kekurangan gizi ini, anak-anak mengalami kekurangan sel darah merah, yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkonsentrasi dan belajar.

 

3 Protein 

Kids Health mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak Anda karena protein membantu membangun, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh yang sehat. Protein juga membantu mengubah makanan menjadi energi, melawan infeksi, menyembuhkan penyakit lebih cepat, dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh menjadi sulit, sekresi hormon menjadi tidak normal, dan emosi menjadi tidak stabil. Protein ditemukan dalam ikan, telur, kacang-kacangan, susu dan daging. 

 

 4.Kalsium dan Vitamin D 

 Menurut situs web NHS, vitamin D membantu regenerasi sel otak, meningkatkan penyerapan kalsium dari usus, dan menjaga keseimbangan kalsium. Kalsium, di sisi lain, berperan dalam mendukung perkembangan dan pemeliharaan kepadatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium membantu mencegah pendarahan. Kekurangan kedua nutrisi ini dapat menyebabkan tulang dan gigi keropos pada anak. 

 

5 Vitamin C 

 Vitamin C terlibat dalam sintesis neurotransmiter. Neurotransmiter adalah bagian dari sel otak yang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan sebelum mengatur fungsi tubuh seperti detak jantung dan kedipan. Selain itu, vitamin C membantu penyerapan zat besi dan nutrisi penting lainnya. 

 

Menurut sebuah penelitian oleh Plevin dan Galletly, kekurangan vitamin C pada anak-anak menyebabkan gangguan suasana hati dan kognitif. Vitamin C terdapat pada buah-buahan seperti jeruk. Dengan asupan vitamin C yang cukup dalam asupan harian anak Anda, tubuh Anda secara alami akan menjaga asupan nutrisi yang optimal, memberikan manfaat nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.


6. Seng /zink

 Seng terlibat dalam sintesis protein selama perkembangan otak pada anak. Menurut WHO, seng mendukung pertumbuhan sel, diferensiasi, dan metabolisme, sehingga mengonsumsi seng dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. 


 7 Serat  

Menurut situs Better Health, serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kekurangan serat dapat membuat bayi Anda lebih rentan terhadap gangguan pencernaan dan melemahkan sistem kekebalannya. Serat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. 


 8. Vitamin dan Mineral Lainnya 

Ibu juga harus memperhatikan asupan vitamin dan mineral lainnya, seperti dilansir dari Harvard Health Publishing. Vitamin dan mineral yang dimaksud termasuk 

  • -choline dan 
  • -asam folat. 
  •  - Vitamin A.
  •  - Vitamin D.
  •  - Vitamin B6.
  •  - Vitamin B12 , 

dapat membantu melengkapi pola makan bayi. memberikan tahun SGM Ekplor Pro-gress Maxx dengan IronC adalah kombinasi zat besi dan vitamin C. Selain itu, SGM Ekplor Pro-gress Maxx juga mengandung minyak ikan, omega 3 dan 6, protein tinggi, kalsium, vitamin D, serat makanan dan seng. dan nutrisi penting lainnya. 

 Ayo Bunda, dukung gizi anak, asah stimulasinya, dan besarkan menjadi generasi penerus!


Sumber;

https://www.generasimaju.co.id/nutrisi-bantu-dukung-periode-emas-anak?gclid=CjwKCAiA-dCcBhBQEiwAeWidtbCMiu03DElEFpyu3BUKBoW2Yx-QKlSi5m2ufy69BvT-uJskkJ6ochoCIuYQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds


Vitamin C merupakan vitamin yang dikenal karena kemampuannya melawan flu. Jika anak Anda terserang flu, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memberi mereka vitamin C untuk membantunya pulih lebih cepat. 

Namun, memberi anak vitamin C setiap hari selama musim flu tidak hanya penting karena membantu menjaga sistem kekebalan tubuh mereka tetap tinggi. kuat. Klik di sini untuk evaluasi. 


Manfaat Vitamin C untuk Kekebalan pada Anak 


Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang ditemukan dalam banyak makanan umum seperti buah jeruk, apel, beri, kentang, dan paprika. Vitamin C juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen. 

Pemberian vitamin C pada anak penting karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan fisiknya. Vitamin C membantu membangun dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan dalam tubuh anak Anda. 

 Vitamin ini membantu menjaga kesehatan gusi anak Anda, memperkuat pembuluh darah, dan meminimalkan memar karena jatuh dan tergores. 

Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka, mencegah infeksi, dan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan. 

 Tentu saja, salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Ahli Gastroenterologi Anak Kadakkal Radhakrishnan, M.D., menjelaskan bahwa vitamin C mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Vitamin C juga sangat terkonsentrasi dalam sel-sel kekebalan, menunjukkan bahwa itu adalah agen peningkat kekebalan tubuh.

 Tubuh anak dalam masa pertumbuhan tidak memprodoksi vitamin C dengan sendirinya. 


Berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan anak hingga usia 8 tahun? 

  • 25 miligram vitamin C per hari.
  • Anak usia 1-3 tahun harus mendapat 15 miligram vitamin C setiap hari, 
  • dan anak usia-8 tahun memerlukan 25 miligram vitamin C dalam sehari. 

Vitamin C ditemukan dalam banyak makanan, sehingga kekurangan vitamin C sangat jarang terjadi. Namun, anak-anak yang pilih-pilih makanan atau kurang makan buah dan sayuran mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin C. Selain itu, anak-anak yang terpapar asap rokok membutuhkan lebih banyak vitamin C untuk memperbaiki kerusakan sel akibat merokok. 

Untuk memastikan anak Anda mendapat cukup vitamin C setiap hari, ibu harus memasukkan berbagai buah dan sayuran berwarna setiap hari. 

Sayuran yang mengandung vitamin C antara lain paprika, bayam, dan brokoli. Buah-buahan yang kaya vitamin C antara lain 

  • kiwi, 
  • tomat, 
  • jambu biji,
  •  jeruk, 
  • pepaya, 
  • stroberi, 
  • melon, 
  • dan mangga

Vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen oral jika anak Anda rewel makan atau sulit memberi buah dan sayur. Ibu dapat membeli suplemen vitamin untuk anaknya melalui. 

Ada banyak jenis suplemen vitamin untuk anak. Namun, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak untuk menentukan mana yang tepat untuk Anda.tanyakan pada dokter spesialis anak Anda.


Manfaat Vitamin C Untuk Anak


Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, gusi berdarah, dan pertumbuhan tubuh yang buruk pada anak-anak.

  • Oleh karena itu, dianjurkan untuk menambah asupan vitamin C pada anak Kalian.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memberi anak Kalian satu porsi jus jeruk dengan tambahan dosis asam askorbat (vitamin C).

Ini akan memastikan bahwa anak-anak Kalian mendapatkan cukup vitamin C untuk membantu kesehatan dan perkembangan mereka.

  • Selain itu, Kalian juga harus memastikan anak Kalian mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.

Ini termasuk paprika, brokoli, kubis Brussel, kol, kembang kol, buah jeruk, kohlrabi, dan banyak lagi.

Kalian juga harus mendorong anak-anak Kalian untuk makan cukup sumber alami enzim yang mengandung vitamin C seperti jus pepaya dan lemon.

 Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu proses penyembuhan dan pemeliharaan organ dan sistem yang sehat di tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup untuk membantu kesehatan dan perkembangan kita.

  • Suplemen vitamin C juga tersedia jika Kamu tidak cukup mengonsumsi sumber nutrisi alami.

Either way bekerja dengan baik ketika meningkatkan asupan vitamin C anak Kamu!



VITAMIN C ADALAH VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR YANG SANGAT PENTING UNTUK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DAN HEWAN LAINNYA.

Ini juga penting untuk pencegahan penyakit.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan vitamin C juga dapat membantu mencegah penyakit umum seperti pilek, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan masalah kulit.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup.



Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan antioksidan yang ditemukan dalam buah jeruk, stroberi, kol merah, dan tanaman lainnya.

Vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ini juga membantu penyerapan zat besi, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan vitamin C menyebabkan gangguan penyembuhan luka, pembentukan jaringan ikat yang buruk, tulang lunak, gusi berdarah dan malam dengan sedikit atau tanpa tidur.

Anak-anak yang mengonsumsi makanan sehat tetapi menghindari makanan kaya vitamin C mengalami gejala yang mirip dengan orang dewasa yang kekurangan vitamin ini.

Kurangnya informasi tentang manfaat vitamin C pada anak-anak telah menyebabkan kurangnya pemanfaatannya selama ini.

 Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, sembilan puluh persen anak laki-laki Indonesia berusia antara 2 dan 6 tahun menderita kekurangan vitamin C.

kadar vitamin C.

Kekurangan vitamin C menyebabkan pencernaan yang buruk, anemia dan kerusakan sinar-X serta kondisi kesehatan lainnya.

Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat membutuhkan vitamin C dalam jumlah tinggi agar sel-sel mereka berfungsi dengan baik.

Ketika anak-anak kekurangan vitamin C, mereka sering mengalami kondisi kulit seperti kudis, bibir pecah-pecah, dan gusi berdarah.

Mereka juga memiliki gigi yang lemah karena gusi mereka tidak cukup sehat untuk melawan infeksi.

Mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah tinggi dapat memperbaiki gejala ini.

Selain itu, vitamin C dalam jumlah tinggi dapat membantu pemulihan dari penyakit dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi tubuh.



SUPLEMENTASI VITAMIN C SANGAT PENTING UNTUK PERTUMBUHAN, KEPADATAN TULANG, DAN KEKEBALAN YANG TEPAT PADA ANAK-ANAK.

Kekurangannya menyebabkan efek yang mirip dengan yang terlihat pada orang dewasa yang kekurangan vitamin ini karena pilihan pola makan yang buruk.

Banyak anak kekurangan vitamin esensial ini dalam jumlah yang cukup karena pilihan pola makan yang buruk atau kekurangan vitamin A, B12, D atau C sendiri.

Karena masa kanak-kanak dianggap sebagai usia optimal untuk merasakan manfaat kesehatan dari melengkapi diet Kalian dengan vitamin, banyak yang menganggapnya diSayangkan bahwa kebanyakan orang tidak meminumnya selama periode waktu ini- tetapi mereka tetap diperlukan selama tahap kehidupan ini! Efeknya sangat besar sehingga sangat diSayangkan bahwa begitu banyak yang memilih untuk tidak mengambil apa yang mereka butuhkan setiap hari pada tahap optimal dalam hidup mereka!

Sekitar tujuh puluh ribu anak meninggal setiap tahun karena kekurangan asupan vitamin A, B12, D dan C.

Vitamin c manfaat untuk anak-anak terutama berfokus pada kekurangan ini serta mencegah kondisi yang berkaitan dengan penyakit kudis.

Anak-anak dengan penyakit kudis memiliki tulang yang lemah dan pertumbuhan yang buruk karena produksi kolagen mereka berkurang secara drastis.

Mereka juga lebih rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka terganggu.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan daya tahan penyakit pada anak.

Ini juga dapat mengurangi peradangan berlebihan yang menyebabkan produksi lendir berlebihan dan kesulitan bernapas saat diperburuk oleh faktor dingin atau terkait stres.



#Tag Artikel


  • manfaat vitamin c untuk anak
  • manfaat vitamin c ipi untuk anak

  • Sumber;

    https://www.halodoc.com/artikel/vitamin-c-untuk-daya-tahan-tubuh-anak-seberapa-penting

    Post a Comment

    Previous Post Next Post