Coba Kekuatan OIS dan VDIS di Camera 48 MP Samsung Galaxy A34

Sahabat teknologigadget-Samsung melaunching Galaxy A34 di Indonesia pada tengah Maret kemarin. Samsung Galaxy A34 diberi beberapa feature photografi baru. Samsung A34 diperlengkapi tiga camera belakang yang terbagi dalam camera khusus 48 MP (f/1.8), camera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan camera makro 5 MP (f/2.4).


Coba Kekuatan OIS dan VDIS di Camera 48 MP Samsung Galaxy A34


Camera khusus piranti diperlengkapi feature OIS (Optical Gambar Stabilization) dan VDIS (Video Digital Gambar Stabilization).


Berdasar teori, ke-2 nya berperan untuk kurangi guncangan saat pemakai memfoto atau record video. Feature penstabil ini tergantung pada giroskop dan motor kecil yang ada di camera, buat gerakkan lensa dan sensor camera dengan bersama. OIS dan VIDS bisa gerakkan lensa dari kiri ke kanan, atas ke bawah, dan kebalikannya. Kekuatan gerakkan lensa keempat arah yang beda karena biasanya ke-2  tehnologi itu diberi empat sumbu.


Coba Kekuatan OIS dan VDIS di Camera 48 MP Samsung Galaxy A34


Langkah kerjanya, saat pemakai menggenggam Samsung Galaxy A34 dan bergerak dari ke arah kanan, tehnologi peredam guncangan (OIS dan VDIS) akan mengompensasi, alias kurangi, guncangan dengan gerakkan lensa ke bersimpangan. 


Maksudnya agar gambar bisa diambil dengan konstan. Saat OIS atau VIDS kurangi guncangan, pergerakan itu akan manfaatkan giroskop dalam camera untuk geser lensa memakai sensor dan elektromagnet, seperti digabungkan KompasTekno dari Android Police, Senin (22/5/2023). Untuk menunjukkan kehebatan feature OIS dan VDIS di Samsung Galaxy A34, KompasTekno berpeluang mencoba secara langsung feature itu.


Hasilnya gambar dan video yang diambil termasuk cukuplah konstan. Misalkan, saat pemakai record video memakai feature VDIS, hasil gambarnya dapat semakin konstan walaupun dibawa sekalian jalan. Dalam pada itu, saat tangkap photo dengan feature OIS, hasil gambar dapat  lebih terang dan jernih walaupun diincar sekalian bergerak. Namun, ada banyak guncangan yang tidak didapatkan diminimalisasi oleh camera.


Ingin tahu bagaimana hasil eksperimen feature VDIS dan OIS? Baca pembahasan di bawah ini. Eksperimen feature VDIS Waktu mengetes coba feature VDIS, KompasTekno record video sekalian lakukan beberapa pergerakan, seperti jalan maju, jalan undur, berputar-putar arah ke kanan dan ke kiri, lalu di atas dan ke bawah. Rekaman video diambil pada keadaan jelas dan kurang sinar.

Coba Kekuatan OIS dan VDIS di Camera 48 MP Samsung Galaxy A34

Getaran dan goyangan ada tiap kaki mengambil langkah maju, terutama video yang tidak aktifkan VDIS. Dalam pada itu, video yang memakai feature VDIS kelihatan lebih mulus (smooth) dan konstan. Selanjutnya, Samsung Galaxy A34 dengan feature VDIS pada kondisi aktif, bisa tangkap object lebih terang. 


Object yang jaraknya lebih dekat ke camera kelihatan lebih konsentrasi dan terang, daripada object yang jaraknya jauh dari camera. Walau feature VDIS di Samsung Galaxy A34 pada kondisi aktif, sisi samping video terlihat masih tetap sedikit bergoyang, beberapa object yang terekam dalam frame kelihatan tergetar saat dibawa jalan.


Lepas dari hal tersebut, ke-2  video yang diambil saat keadaan malam hari, baik yang memakai feature VDIS atau tidak, masih tetap bisa menjaga konsentrasi situasi keramaian, lampu, dan tulisan di papan nama sebuah toko.


Eksperimen feature OIS Sama dengan VDIS, hasil gambar yang difoto memakai OIS dan tidak kelihatan cukup hanya berlainan. Saat lakukan eksperimen, KompasTekno coba mengincar gambar dengan berikan efek-efek goyangan/guncangan bikinan.


Contoh, waktu mengincar object yang difoto sekalian aktifkan feature OIS, Galaxy A34 yang dipakai digeser dan digoyangkan ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Hasilnya, sasaran gambar itu masih tetap dapat diambil terang dan tidak ada blur sama sekalipun. Dalam pada itu, bila menonaktifkan feature OIS, hasilnya dapat semakin kabur, tulisan dilukis jadi tidak bisa dibaca, dan lain-lain. Berikut hasil eksperimen photo memakai feature OIS dan tidak memakai feature OIS.


KompasTekno coba memberikan dampak goyangan bikinan dengan lakukan guncangan sebentar sesudah menekan knop camera. Hasilnya, photo di bagian sisi kiri  lebih kabur dan bergoyang dibandingkan yang samping kanan. Bila disaksikan cermat, photo sisi kiri di bawah, hasilnya memanglah tidak kelihatan blur, tapi konsentrasi cameranya tidak terang. Berlainan dengan photo disebelah sebalah kanan bawah yang sanggup tampilkan situasi cafe pada malam hari lebih terang dibarengi lampu menggantung di atasnya.


Walau demikian, feature OIS di Galaxy A34 tidak seutuhnya dapat menahan guncangan. Pada beberapa photo yang diambil, KompasTekno temukan photo yang memakai feature OIS masih goyang dan blur.


Walaupun guncangan bikinan yang sudah dilakukan tidak berlebihan, beberapa photo diketemukan tidak berhasil cari konsentrasi, hingga object yang diincar kurang tergambarkan secara jelas. Berikut gambar yang gagal diredam oleh feature OIS.


Coba Kekuatan OIS dan VDIS di Camera 48 MP Samsung Galaxy A34


Gambar samping kiri tampilkan guncangan yang lumayan banyak hingga hasil gambarnya jadi kurang terang. Dalam pada itu, gambar ke-2  tidak goyang, tapi konsentrasi cameranya tidak tepat. Hasilnya membuat fotonya tidak jernih seperti awalnya.


Walau demikian, lepas dari kelebihan serta kekurangan yang terdapat, feature OIS dan VDIS di Samsung Galaxy A34 dapat disebutkan bisa menolong pemakainya menahan guncangan-guncangan kecil. Seperti record video waktu jalan maju, undur, naik tangga, berjalan pada jalanan yang tidak mulus, dan lain-lain. 


Feature ini pas untuk pemakai yang profesinya sebagai content inisiator dan suka membuat vlog atau mendokumentasikan peristiwa melalui photo. Karena, aktivitas memfoto atau record video sekalian jalan tetap tergambarkan dengan cukup terang.

Harga

Samsung Galaxy A34 dibandrol dengan harga Rp lima juta untuk variasi 8/128 GB dan Rp 5,tiga juta untuk variasi 8/256 GB di Indonesia


Baca juga: Huawei Nova Y91 Sah, Punyai Battery 7.000 mAh dan Camera 50 MP

Sumber


Post a Comment

Previous Post Next Post